Pohon Tualang Surga Lebah Untuk Menghasilkan Madu Asli - Kutacane Online

Kalau berbicara tentang potensi alam Aceh Tenggara merupakan tempat yang sangat kaya dengan alamnya, namun seiring berjalannya waktu dan eksplorasi hutan besar-besar oleh masyarakat terus menggerus wilayah Taman Nasional Gunung Leuser, meskipun untuk menjaga dan mengamankan Taman Nasional ini pemerintah telah mengelontorkan ratusan miliar dana untuk Polisi kehutanan dan lembaga lainnya namun ternyata tidak efektif mengurangi Ilegal loging yang terjadi di Kabupaten Aceh Tenggara.

Tentu hal ini juga berpengaruh pada jumlah lebah yang ada di hutan, karena pasukan makanan mereka yang terus berkurang 3%-5%  Pertahun, madu lebah kini menjadi barang mahal. selain langka penyebab naikkan harga madu alami disinyalir oleh sulitnya mendapatkan madu lebah yang alami, meskipun sekarang ada madu ternak tapi masyarakat lebih mempercayai madu alami lebih berkhasiat daripada madu ternak. lihat saja pohon tualang yang ada pada gambar terlihat sangat tinggi dan tidak sembarangan orang yang berani memanjat dan memanen lebah yang ada di pohon tersebut. apalagi terkadang sarang lebah tidak berada di cabang pohon yang besar, mereka juga sering membuat sarang di cabang pohon yang kecil untuk menghindari predator madu mereka seperti beruang.


Photo : Pohon Tualang Sarang Lebah Penghasil Madu Super di Kutacane - Aceh Tenggara
konon suku alas sering memanfaatkan mau untuk bahan pengobatan seperti batuk, panas dalam, dan berbagai macam hal pengobatan lainnya.

Awas Madu Palsu!


Madu begitu mahal, dan susah ditemukan apalagi kalau tidak ada musik bunga, sebagian kelompok masyarakat pencari madu terkadang mencampur madu asli dengan madu buatan, jika kita tidak berhati-hati bisa jadi yang kita beli adalah madu palsu, biasa madu yang palsu ini dibandrol dengan harga lebih murah dari pada harga aslinya karena madu palsu terbuat dari campuran gula maka di pembuat khawatir jika tidak cepat laku maka gula yang terkandung dalam madu tersebut akan mengendap, madu palsu juga biasanya lebih encer dari madu asli, jika kita teteskan ke telapak tangan dan telapak tangan tersebut kita balekkan maka madu tidak akan jatuh menetes.

Post a Comment

0 Comments