Update Progres Perkembangan Kebun | Catatan Kandi Irawan


Catatan Kandi Irawan - Selain berkecimpung dengan lumayan lama di dunia perkriptoan, namun usaha jangka panjang juga harus secepatnya kita buat berjalan, karena dunia usaha manapun tidak ada yang pasti dan masih sangat riskan dengan goncangan, pertanian atau perkebunan adalah sektor yang menurut saya paling aman hingga saat ini,

Hal ini merupakan nilai plus bagi kami yang tinggal di pedesaan, masih banyak lahan yang bisa digunakan untuk menanam baik tanaman jangka pendek maupun jangka panjang, tapi masih sedikit masyarakat yang memanfaatkan potensi ini, padahal sektor inilah menjadikan Aceh Tenggara kala covid-19 menyerang bumi sepakat segenep masih di tahap ekonomi yang relatif aman.

Hari ini meski sedang berpuasa saya menyempatkan diri melihat tanaman dan kolam tampungan air yang berada di kebun karena 2 hari sebelumnya sudah saya kerjakan, saya ingin melihat kolam tampungan ini berhasil menampung air atau tidak, perlu di perhatikan bahwa dalam berkebung ketersediaan air di dalam kebun sangat penting mengingat nantikan akan di gunakan untuk melakukan proses penyemprotan dan juga berfungsi untuk menyiram tanaman ketika musim kemarau tiba.

Tulisan ini sebenarnya ditujukan untuk melakukan update progres pada kebun ini sehingga saya bisa melihat perkembangan demi perkembangan yang terjadi.

Minggu 17 Maret 2024








Rabu 20 Maret 2024

Kegiatan : 

  1. Tanam 5 Pohon Durian
  2. Membersihakan Gulma dari pohon durian yang sebelumnya sudah ditanam




Gambar : Durian yang baru ditanam hanya terlihat empat karena yang satu tidak sempat di photokan

Selama hampir belasan tahun bekerja sebagai wiraswasta, saya tidak pernah memikirkan untuk berkebun. Namun, beberapa bulan terakhir ini, saya menyadari betapa pentingnya memiliki kebun sendiri ketika kelapa yang saya tanam mulai berbuah. Saya merenung, jika saya juga menanam durian, karet, kopi, dan lainnya belasan tahun yang lalu, mungkin saat ini saya sudah menikmati hasilnya.

Penting untuk menyadari bahwa sebaiknya kita diversifikasi investasi kita. Meskipun ekonomi kita mungkin stabil saat ini, fluktuasi ekonomi bisa terjadi kapan saja. Dengan memiliki berbagai jenis investasi, kita dapat mengurangi risiko terkait dengan fluktuasi ekonomi.

Meskipun mungkin terlambat, saya yakin tidak ada kata terlambat untuk memulai kembali. Mulailah menanam benih untuk masa depan kita, agar kita bisa menikmati hasilnya di kemudian hari. Semoga pengalaman saya dapat menjadi inspirasi bagi kita semua untuk memulai diversifikasi investasi kita.

By Kandi Irawan 
Natam Kecamatan Badar Kabupaten Aceh Tenggara

Post a Comment

0 Comments